Tuesday, September 28, 2010

Harga Beras Masih Tinggi

Harga-harga bahan pokok terus mengalami kenaikan seiring bertambahnya tahun. Harga beras sekarang ini yang paling rendah untuk harga agen di patok dengan harga 5500/Kg, ada juga yang 5600/Kg.
Dan ke pengecer jatuh pada harga jual 5850/Kg sampai 6000/Kg.

Bulog sendiri ketika mengadakan oprasi pasar di tempatku mematok harga 5500/Kg. Idealnya beras ini bisa di jual murah ,karena merupakan makanan pokok mayoritas indonesia. Pedagang kecil yang tak cukup modal makin terlindas dengan kenaikan harga ini. Sedang pedagang beras besar yang modalnya milyaran ketawa dengan kenaikan beras ini ,karena stok berasnya yang banyak. Dengan kenaikan beras ini, harga berasnya yang di gudang-gudang mereka mengalami kenaikan harga. Perkarung bisa mencapai 50 ribu sampai 70 ribu, sedangkan stok berasnya ribuan karung.
Sistim ekonomi sekarang di pegang oleh pemodal yang kuat sedang para petani yang menanamnya tetap miskin.

Bulan-bulan sekarang ini di sebagian daerah sudah ada yang panen tapi tidak bisa menurunkan harga beras karena dengan kendala cuaca yang hujan terus, yaitu untuk penjemurannya yang susah, biasanya kalau hujan memakai open dalam pengeringannya. Ada juga areal sawahnya yang kebanjiran, menyebabkan gagal panen.
Kalau beli beras di agen jangan ketipu dengan harga murah, karena di agen lainnya agak mahal. Saya sendiri pernah
Ngalamin beli beras bukan di agen yang biasa ,harganya miring, bedanya sampai 15 ribu perkarung, ketika di cek di rumah isinya cuman sedikit, ada yang kurang sekilo ,dua kilo bahkan sampai tiga kilo. Berhati-hatilah dalam membeli.

No comments:

Post a Comment