Monday, June 14, 2010

Pemeriksaan Dan Penyetelan Kopling

Pada kopling yang menggunakan kabel cara pemeriksaannya adalah sebagai berikut:
  1. Ukur jarak main bebas kopling pada ujung handel kopling,jaraknya antara 10-20 mm.
  2. Bila jarak main bebas kopling terlampau besar maka pengoprasian gigi transmisi akan sukar masuk dan kendaraan cenderung meloncat pada awal start.
  3. Bila jarak main bebas kopling terlampau kecil akan mengakibatkan kopling slip.

Sedangkan cara penyetelannya adalah sebagai berikut:
  1. Penyetelan utama dilakukan pada lengan penekan kopling,dengan cara melonggarkan mur pengunci terlebih dahulu kemudian memutar mur penyetel sesuai jarak main bebas stndar.
  2. Sebelum melakukan penyetelan pada lengan penekan kopling,posisi penyetel pada ujung kabel kopling(atas) harus pada posisi ulir penyetel disekerupkan penuh.
  3. Penyetelan berikutnya dilakukan pada ujung kabel kopling(atas),dengan cara singkapkan lebih dulu karet penutup kemudian longgarkan mur pengunci dan putar penyetel sesuai jarak main bebas standar.
  4. Dudukan penyetel akan rusak bila penyetelan pada ujung kabel kopling(atas) terlampau keluar,tinggalkan beberapa ulir untuk penahan penyetel.

Pada sistim kopling otomatis cara pemeriksaannya adalah:
  1. Hidupkan mesin dan masukan perseneling ke gigi satu kemudian pedal kopling tetap ditekan kaki.
  2. Gas tangan dibesar-besarkan sambil dirasakan dan pastikan bahwa pada sepeda motor tidak boleh ada gerakan berlebihan atau usaha untuk maju.
  3. Periksa juga pergerakan pertama, maju tidak terasa ada sentakan dan pemindahan setiap tingkat gigi perseneling mudah atau lancar.

Cara penyetelannya adalah:

Longgarkan mur pengikat, putar baut penyetel searah jarum jam kurang lebih satu putaran ,kemudian dari posisi ini putar kembali baut penyetel berlawanan jarum jam sampai terasa ada sentuhan,setelah itu putar kembali searah jarum jam 1/8 sampai 1/4 putaran dan tahan baut penyetel,ken2ngkan mur pengikat.

Pemeriksaan akhir
Sepeda motor jenis bebek
  1. Hidupkan mesin
  2. Masukan gigi perseneling satu(motor tidak boleh jalan)
  3. Tekan terus tuas perseneling
  4. Putar gas pelan2 dengan putaran mesin permenit diatas stasioner/langsung tetapi jangan terlalu tinggi(motor tidak boleh jalan)


Sepeda motor jenis sport
  1. Hidupkan mesin
  2. Tarik lengan kopling hingga penuh.
  3. Masukan gigi perseneling satu(motor tidak boleh jalan)



Teknik sepeda motor(Drs Daryanto)

No comments:

Post a Comment