- Lepas mur pengikat leher saluran buang pada silinder.
- Lepas mur pengikat knalpot dengan rangka sepeda motor.
- Lepas seluruh knalpot dan leher knalpot dari sepeda motor.
- Bongkar bagian-bagian knalpot(saluran buang,klem pengikat,knalpot,peredam)
- Pastikan torak pada kedudukan titik mati bawah.
- Bersihkan saluran buang pada silinder.
- Injak kick starter beberapa kali(torak membuang kerak yang masuk ke silinder).
- Waktu membersihkan saluran buang pada silinder,hati-hati jangan menggores dinding silinder atau merusak permukaan torak.
- Gunakan skrap dengan gerak menusuk dan memutar.
- Pukul-pukul secara ringan merata dengan palu kayu agar kerak terlepas.
- Bila keraknya terlampau tebal dan melekat kuat harus dilakukan pekerjaan khusus yakni dengan api gas las asitelin.
- Gunakan skrap untuk bagian dekat sambungan dengan leher knalpot.
- Cucilah bagian dalam dengan minyak tanah kemudian keringkan.
- Bersihkan kerak pada seluruh permukaan pipa peredam.
- Usahakan agar peredam lubang dapat terbuka.
- Bila selesai rakit kembali bagian-bagiannya.
- Pasangkan knalpot(kebalikan dari langkah pelepasan knalpot)
- Hidupkan motor di atas idle/stasioner,kemudian tutup lubang buang pada knalpot,periksa kebocoran yang terjadi pada sambungan-sambungannya.
Teknik sepeda motor(Drs Daryanto)
No comments:
Post a Comment