Sunday, October 3, 2010

Membersihkan Karburator Sepeda Motor

Untuk membersihkan karburator sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan sendiri. Pertamanya kalau kita belum bisa perbaiki sendiri, kalau di bengkel kita harus rajin melihat bagaimana si tukang bengkel memperbaiki motor kita. Kalau kita sudah paham tinggal kita mencoba sendiri. Jangan takut salah! ,namanya belajar pasti ada salahnya,salah pada motor sendiri tidak apa-apa, dari pada pada motor orang lain kita harus menanggung ganti rugi.

Cara membersihkan karburator tidak terlalu rumit,sekarang kita mulai membersihkan karburatornya,yang sudah dalam keadaan terlepas dari kabel gas,cuk bensin dan selang-selang.
¤ Pertama kosongkan bensin dari karburator dengan mengendorkan sekerup pembuang.
¤ Lepaskan tutup atas karburator
¤ Bersihkan bagian luar pelampung dan karburator dengan bensin dan pistol udar,bila tidak ada bisa dengan pompa tangan atau yang di injak kaki.
¤ Keluarkan pelampung,katup pelampung, dengan cara menarik pena lengan pelampung.
¤ Keluarkan jet udara dan jet bensin(seperti skrup) kemudian bersihkan semua saluran jet dan bagian yang di lepas dengan pistol udara.
¤ Periksa packing(gasket) kalau ada yang cacat harus di ganti.
¤ Rakit kembali bagian-bagian karburator dengan cara kebalikan dari cara melepanya.
¤ Pasang karburator,saluran penghubung dan selang-selang.
(teknik sepeda motor, Drs Daryanto)

Servis karburator telah selesai,akan menghemat waktu dan biaya,dan akan bertambah pengetahuan kita tentang motor. Kita jangan hanya bisa memakainya saja, tapi perawatannya juga harus bisa, supaya motor kita bisa awet lama.

No comments:

Post a Comment